Kulit Bersih dan Sehat Awal Penampilan Sempurna

Why should I care what other people think of me? I am who I am. And who I wanna be. (Avril Lavigne)

girls-1107329_1920

Nggak sengaja saya menemukan quote sederhana namun keren ini ketika saya sedang asyik browsing untuk keperluan menulis artikel di sebuah portal lifehacks dan lifeguide untuk ibu-ibu muda. Sebenarnya quote seperti ini cukup umum ya, tapi berhubung yang ngomong salah satu rocker favorit saya, Avril Lavigne, jadi saya simpan, deh :).

Kutipan si sk8er lady ini agak-agak mewakili perasaan saya, terutama dalam konteks penampilan secara fisik.

Jadi gini, sebenarnya saya termasuk wanita tomboi dan ogah ribet. Saya lebih suka tampil apa adanya, nggak suka dandan heboh bin menor, dan nggak kenal salon.

Nggak cuma itu, dulu saya tergolong malas membersihkan muka atau sekadar mengaplikasikan tabir surya padahal akan beraktivitas di bawah terik matahari atau di siang bolong. Cuek bebek gitulah pokoknya.

Sampai suatu saat almarhumah ibu saya menegur saya karena terlalu cuek dengan urusan-urusan kewanitaan. Saya ingat betul apa yang dikatakan ibu, bahwa memerhatikan wajah atau tubuh bukan berarti melulu tentang mempercantik diri. Bukan pula hanya demi gaya-gayaan, supaya dipuji banyak orang, atau untuk pencitraan semata.

Merawat wajah dan tubuh, masih menurut ibu, adalah salah satu bentuk syukur kepada Yang Mahakuasa. Sebagai salah satu cara agar tetap sehat.

Tidak harus perawatan mahal atau ribet. Perempuan tomboi seperti saya pun bisa banget merawat wajah dan tubuh dengan cara paling sederhana sekalipun. Cukup dengan rajin membersihkan muka ketika hendak istirahat malam atau pulang bepergian.

sunblock-1471393_1920

Kemudian mengaplikasikan tabir surya saat akan berkegiatan di pagi maupun siang hari dan mengoleskan body lotion agar kulit tetap lembap. Yeah, that simple!

Dengan perawatan paling dasar dan sederhana seperti ini, moga-moga kulit wajah dan tubuh saya bisa tetap sehat meski usia sudah kepala 3 lebih.

Tapi sebenarnya agak terlambat, sih, karena wajah saya sudah dihiasi flek-flek hitam akibat penuaan dini –yang diakibatkan kelalaian saya merawat wajah semasa muda *loh, berarti saya sudah tua, dong, sekarang?*

Ya, saya lumayan menyesal karena dulu saya cuek sekali.Nggak peduli meski wajah tidak dibersihkan pasca beraktivitas, nggak ragu wajah polosan tanpa tabir surya padahal keluar di tengah teriknya matahari, dan sebagainya.

“… memerhatikan wajah atau tubuh bukan berarti melulu tentang mempercantik diri. Bukan pula hanya demi gaya-gayaan, supaya dipuji banyak orang, atau untuk pencitraan semata. Merawat wajah dan tubuh adalah salah satu bentuk syukur kepada Yang Mahakuasa. Sebagai salah satu cara agar tetap sehat.”

Sekarang, dengan bertambahnya usia dan menjadi a mom of the trio saya mencoba meminimalisasi kelalaian saya di masa lalu. Saya nggak mau, dong, wajah saya penuh dengan flek-flek penuaan dini?

Saya juga nggak mau, ah, punya kulit kering bersisik. Sekali lagi, bukan semata-mata karena kecantikan, tapi lebih kepada kesehatan kulit. Apalagi saya sering baca dan dengar kalau radiasi sinar ultraviolet yang berlebihan dapat mengakibatkan kanker kulit. Duh, jangan sampai, ya?

Sekarang, saya terus mencoba mengingat petuah ibu. Saya sebisa mungkin mengaplikasikan tabir surya setiap kali keluar, mengoleskan sedikit foundation dan membubuhkan bedak secukupnya agar terlihat segar. Dan tak ketinggalan mencuci muka dengan pembersih wajah setiap menjelang tidur atau setiap kali pulang dari aktivitas luar rumah agar kulit senantiasa bersih.

Baca Juga: Lidah Kucing Kesukaan Ibu

Untuk losion tubuh, jujur saya masih sering malas. Perawatan tubuh satu ini masih sering bolong-bolong saya lakukan. Apalagi, saya masih belum menemukan losion tubuh yang pas di hati. Padahal body lotion penting banget, ya, buat menjaga kelembapan kulit.

Thank God saya dapat referensi losion tubuh yang oke punya dari perfectbeauty.meDi situ saya bisa menemukan produk-produk kecantikan terkini yang semuanya telah di-review secara personal.

Dari hasil ngulik laman dengan tagline “Solusi Produk Kecantikan Online Terlengkap di Indonesia” itu, saya akhirnya menemukan produk body lotion yang pas di hati.

Pilihan saya jatuh kepada The Body Shop JCB Scents Of The World B/LOT (250ml).

 

Ini adalah losion yang melembapkan sekaligus bikin kulit halus, lembut, dan wangi, dong, pastinya. Untuk seri JCB Scents of the World ini, wangi yang ditawarkan adalah perpaduan floral dan Hinoki wood yang terinspirasi dari musim semi di Kyoto. 

Wah, kalau diaplikasikan ke seluruh tubuh sehabis mandi, kulit nggak cuma sehat dan lembap, tap juga wangi seharian. Saya suka, saya suka! 🙂

Selain merawat kulit dan tubuh dari luar, saya juga mencoba memeliharanya dari dalam.

Misalnya dengan mengonsumsi sayuran agar kulit tetap sehat. Dan nggak ketinggalan, banyak minum air putih karena air putih adalah sahabat terbaik kulit. Juga, jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan bahagia.

Hmm… kesehatan tubuh memang datang dari luar dan dalam, kan? Setuju?

Baca Juga: Sejenak Menjauh dari Hiruk-Pikuk Kota di Finna Golf & Country Club Resort

Nah, jika kulit dan tubuh sehat dan bugar, maka saya merasa percaya diri dan siap bertemu dengan kawan-kawan di berbagai acara. Meski tidak dibubuhi makeup yang tebal, karena deep down my heart saya masih tomboi, saya merasa inilah penampilan sempurna versi saya.

Penampilan yang sehat dengan langkah-langkah perawatan sederhana. Ya, walaupun masih ada sisa-sisa flek akibat kelalaian di masa lalu, sih. Tapi, pede aja, lagi!

“Penampilan sempurna versi saya adalah penampilan yang sehat dengan langkah-langkah perawatan sederhana.”

Seperti dikatakan aktris senior Demi Moore, “I’m a big believer in that if you focus on good skincare, you really won’t need a lot of makeup.”

Bahkan seorang makeup artist mancanegara menegaskan, “Great makeup starts with healthy glowing skin.”

Indeed!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s