Buka KBBI Lagi, Yuk!

saya-suka-kbbi.png

 

Saya ini penggemar berat KBBI. Iya, Kamus Besar Bahasa Indonesia! Entah kenapa, rasanya kalau nulis tanpa buka KBBI rasanya nggak afdal, gitu. Udah kebiasaan kali, ya?

Sebisa mungkin ketika nulis saya lirak-lirik KBBI. Ya, meski kadang kalau udah dapet feel-nya, nulis suka kayak kereta api, tancap aja nggak pakai berhenti dan akhirnya… lupa KBBI! Ups!

Alhamdulillah, sekarang nggak harus punya buku KBBI yang tebal untuk ngecek kata-kata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sekarang kan era digital, gaes… jadi cukup mampir ke website KBBI, ketik kata yang ingin kita periksa, submit, voila… keluar, deh, hasilnya!

Eh, tapi kadang-kadang lagi nggak nulis juga saya suka iseng ulik-ulik KBBI (versi online/daring), kok. Atau kadang nggak usah buka KBBI, di newsfeed medsos saya, sering muncul postingan tentang daftar kata-kata yang sesuai KBBI (thanks to FB fan page Stiletto Book dan Mbak Carolina Ratri 🙂 ).

Dan aselik, saya seneeng banget kalau ada yang posting tentang itu. Maklum, dari kecil saya suka pelajaran bahasa Indonesia. Jadi senang sekali bisa belajar terus dan mudah-mudahan bisa saya ingat selalu.

Oh, iya, mungkin ada yang lupa apa itu KBBI, yuk coba ingat-ingat lagi! Seperti ditulis Wikipedia, Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka.

Kamus ini menjadi acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku, karena kamus ini merupakan kamus bahasa Indonesia terlengkap dan yang paling akurat yang pernah diterbitkan oleh penerbit yang memiliki hak paten dari pemerintah Republik Indonesia yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Sudah ingat sekarang? 🙂

Meski KBBI-minded, saya sering dibuat ternganga dengan kata-kata yang ada di sana. Banyak kata yang “menakjubkan” buat saya. Maksudnya, selama ini saya –dan mungkin orang lain– sepakat menyebut kata A sebagai  A. Eh, ternyata di KBBI jadi D.

Sempat ragu juga, apa iya kalau saya pakai kata-kata yang sesuai KBBI itu orang bakal paham, ya? Atau malah saya yang nanti dibilang keliru? Hmm…

Mau tahu kata-kata di KBBI apa saja yang menurut saya “menakjubkan,” anti-mainstream alias beda dari yang selama ini jamak diucapkan orang? Yuk, merapat!

1. Beledu 

saya-suka-kbbi

Mmm, siapa yang tahu apa itu beledu?

Ini, nih, penjelasan versi KBBI: beledu/be·le·du/ n kain dengan permukaan yang tebal, berbulu halus pada bagian depan dan rata pada bagian belakang, lembut, berkilat, sering dibuat kopiah atau baju kebesaran.”

Saya mendapatkan kata ini ketika sedang ngecek kata beludru. Ternyata yang benar bukan beludru, gaes, tapi beledu. Catat baik-baik, ya, beledu! 🙂

2. Berlepotan

saya-suka-kbbi1

Jadi, menurut KBBI, untuk menggambarkan anak kecil yang makan sampai tumpah-tumpah ke pipi dan badan, kita bisa pakai kata berlepotan. Pake “r” ya. Agak kaget juga, sih, pas tahu kata ini, karena selama ini, kan, tahunya belepotan (atau cuma saya aja, ya? hehe…)

Mmm… berarti kalau berlepotan, kata dasarnya lepot, dong? Iya, benar banget! Jadi ternyata memang ada kata lepot dan saya baru tahu, hiks… Ke mana aja, sih, bu? 😀

Untuk jelasnya, ini arti berlepotan menurut si KBBI: “lepot/le·pot/ /lépot/, berlepotan/ber·le·pot·an/ v bergelimang (dengan lumpur); berlumuran;”

melepoti/me·le·poti/ v mengotori; menodai.”

OK, noted!

3. Serdawa

saya-suka-kbbi1

Ini juga cukup bikin saya tercengang. Selama ini kita (atau –lagi-lagi– mungkin cuma saya) menggunakan kata sendawa untuk menyebut bunyi yang keluar dari kerongkongan usai makan atau ketika perut kembung. Kalau orang Jawa bilang, sih, glegekan.

Ternyata saudara-saudara, sendawa itu bukanlah glegekan. Yang betul serdawa! Ingat, pake “r”, bukan “n.”

Ini, nih, hasil pencarian saya di KBBI versi daring. “Serdawa/ser·da·wa/ n bunyi yang keluar dari kerongkongan (biasanya apabila masuk angin atau sesudah makan kenyang); beserdawa/be·ser·da·wa/ v mengeluarkan serdawa.”

Sementara sendawa sendiri mengandung arti yang jauh berbeda dari serdawa. Mau tahu? Baca penjelasan KBBI ini. “Sendawa1/sen·da·wa/ n bahan kimia kalium nitrat (KNO3), digunakan sebagai bahan campuran pembuatan mesiu; salpeter.”

Jauh banget, kan, atinya? 🙂

4. Sontek

saya-suka-kbbi2

Selama ini, saya selalu menggunakan kata contek untuk menggambarkan aktivitas meniru atau menjiplak. Ternyata selama ini saya salah. Yang benar adalah sontek, bukan contek.

Nggak percaya? Coba cek KBBI. Ini dia penjelasannya. “Sontek2/son·tek/ /sonték/ v, menyontek/me·nyon·tek/ v mengutip (tulisan dan sebagainya) sebagaimana aslinya; menjiplak: karena malas belajar, setiap ujian ia selalu –sontekan/son·tek·an/ n hasil menyontek; bahan (tulisan) yang dicontek.”

Baiklah, mulai sekarang saya pakai kata sontek, bukan contek!

5. Kerahi

saya-suka-kbbi2

Photo via Antarajatim.com

Saya baru sadar kalau penulisan yang benar untuk salah satu jenis timun yang biasa dipakai untuk sayur asam adalah kerahi. Selama ini saya tahunya kerai atau krai, sesuai pengucapannya.

Untunglah saya sempat membuka KBBI versi daring dan inilah apa yang ditulis di sana. “Kerahi/ke·ra·hi/ Jw n mentimun yang besar dan panjang, berwarna hijau tua bergaris-garis putih, dagingnya agak lembek dan kurang berair; Cucumis melo.

Apa lagi ya? Sementara baru lima kata itu dulu ya, kata-kata lainnya menyusul. Ada yang mau menambahkan?

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Buka KBBI Lagi, Yuk!

    • hahaha….
      iya nih, mba, ngga tau kok bisa suka gitu. Hobi kok ngecek2 KBBI, ya? 🙂

      apalagi kalau nemu kata2 yang di luar dugaan kaya yang saya tulis di atas, makin semangat ngecek2 kata2nya hihihi.

      Thanks udah mampir Mba Susan. Yippee!! 😉

      Like

Leave a Reply

