Blogging: Have Fun and Get the Money – Buku Asyik Buat yang Hobi Ngeblog

IMG_20160511_193413

I judge a book by its cover. And oh, sometimes by its author too!
And yeah, I picked this book because of those things!

 

Judul: Blogging: Have Fun and Get the Money
Penulis: Carolina Ratri
Penerbit: Stiletto Book
Tahun Terbit: Desember, 2015
Tebal: 245 halaman

Sinopsis:

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan pemasukan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalui kerja sama job review.

Namun, untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan keterampilan yang cukup. Buku ini membahas berbagai tip, seperti:

  • Menentukan tema blog
  • Mencari ide tulisan
  • Mempelajari teknik menulis yang baik
  • Mempercantik tampilan blog
  • Cara mendapatkan job review
  • Cara kerja Google Adsense
  • Memopulerkan blog dengan SEO dan media sosial
  • Sampai, profil para blogger senior.

Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatkan dari blog. Tak hanya untuk bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring, serta personal branding.

Well, saya termasuk orang yang gampang banget tertarik membeli buku “hanya” karena “kulit luarnya.” Jika kebetulan sedang berada di toko buku dan tidak sedang mengantongi rekomendasi buku apa-apa, bisa dipastikan saya memilih buku berdasarkan cap-cip-cup, eh bukan, maksudnya berdasarkan sampul bukunya. Yeah, I judge a book by its cover, literally!

Dan persoalan sampul buku ini pulalah yang membuat saya akhirnya memutuskan membeli –dan kemudian membaca, tentu saja– buku Blogging: Have Fun and Get the Money ini. Eh, tapi nggak cuma karena cover bukunya, ding, I also judge this book by its author.  Iya, Carolina Ratri a.k.a. Mommy/Mak/Mbak Carra!

Meski nggak terjun langsung ke toko buku untuk mendapatkan buku ini, pertama kali yang saya lihat adalah sampul bukunya. Tahu dari mana? Ya jelas dari internet, dong! Hari gini gitu, loh… semuanya serba digital!

Nah, karena gambar buku ini –beserta reviewnya– kerap berseliweran di timeline medsos saya, akhirnya saya penasaran juga. Sampulnya cakep. Kasual dan fun, seperti judul bukunya. Dominasi warna hijau, warna favorit almarhumah ibu saya (FYI :D), bikin segar mata. Desain cover-nya oke bangetlah menurut saya, menggunakan flat vector yang kekinian.

Apalagi begitu tahu penulisnya adalah salah satu blogger favorit saya, Mbak Carra, saya makin mantap, deh, pengin baca buku ini. Nggak pakai lama, saya pesan ke penulisnya langsung. Sayang, saya lupa minta tanda tangannya!

Dan sesuai ekspektasi, buku ini sama sekali tidak mengecewakan. Nggak salah saya menuruti intuisi saya untuk judge this book by its cover (and its author as well). Sejak awal saya percaya Mbak Carra akan menuliskan tip-tip seputar blogging dengan caranya yang asyik, seperti yang selama ini saya baca di blog pribadinya maupun di portal lifehacks dan lifeguides for young moms yang dikelolanya.

Cara menulis Mbak Carra yang asyik ini membuat saya lupa kalau buku ini sebenarnya semacam buku panduan atau tutorial komputer (di sampul belakang buku ini ditulis kategori buku ini komputer-hobi). Wah, mimpi apa saya baca buku tutorial komputer? Seumur-umur saya hampir nggak pernah mampir ke rak buku kategori komputer di toko buku, lho!

So, Blogging Have Fun and Get the Money ini benar-benar exceptional. Meski masuk dalam kategori komputer (dan di dalamnya ada beberapa tutorial), saya tidak merasa sedang membaca buku tutorial. Membaca buku ini nggak jauh beda dengan membaca tulisan-tulisan populer, dengan bahasa ringan dan mudah dicerna, namun menggiring kita untuk segera mempraktikkannya di laptop atau PC kita masing-masing. Tuh, seru, kan?

Soal penulisan, saya nggak ragu dengan Mbak Carra. Sebagai Managing Editor portal RockingMama, Mbak Carra sudah terbiasa menulis dengan “rapi” dan “bersih.” Siapa yang meragukan kemampuannya meracik tulisan sehingga tercipta sebuah artikel keren nan viral? 🙂

Saya suka sekali dengan cara menulis ibu dua putri yang juga bekerja sebagai Marketing Communicator untuk penerbit Stiletto Book tersebut, termasuk untuk buku ini. Maksudnya, gaya bahasanya santai dan kekinian, namun tetap mengindahkan kaidah-kaidah bahasa sesuai EYD. Ada, sih, sedikit typo di Chapter 5, but it’s okay. Not a big deal.

Buku ini terdiri dari 7 chapter. Dimulai dari pembahasan seputar why blogging, apa hasil dari ngeblog, ngeblog yang menghasilkan, hingga pembahasan tingkat lanjut seperti menentukan niche blog, tip-tip dasar SEO, mendaftarkan blog ke search engine, apa itu job review, bagaimana mendapat job review, seluk beluk rate card, membuat laporan Google Analytics, dan cara lain menghasilkan uang dari blog.

Hmm… naga-naganya pembahasannya berat dan teknis sekali, ya? Eh, jangan salah, kalian nggak akan sadar kalau ternyata sudah separuh perjalanan membacanya, lho, karena –sekali lagi saya katakan– buku ini benar-benar asyik dan bahasanya nggak kaku, seperti buku tutorial pada umumnya. Setidaknya begitulah pengalaman saya bersama buku ini :).

Dari tujuh bab yang disajikan, bagian favorit saya adalah bab 3, yakni Blogging is Writing.  Pada bab ini Mbak Carra mengingatkan dan menekankan bahwa esensi dari ngeblog itu ya menulis.

Keterampilan blogging atau menulis di blog, tidak hanya berhenti pada kemampuan menghias blog. Kadang saya merasa prihatin. Banyak yang lebih suka merepotkan diri dengan mencari cara supaya blognya cantik dan menarik dengan hal-hal yang sebenarnya tak penting, dan melupakan esensi dari blogging itu sendiri.

Lho, memangnya esensi ngeblog itu apa, sih?

Yup, menulis. (halaman 80-81)

Lebih lanjut dalam bab ini Mbak Carra memaparkan bagaimana menulis sebagai passion, bagaimana membuat tulisan yang sesuai kaidah berbahasa Indonesia yang baik, bagaimana menulis yang unik, original, dan inovatif, bagaimana mencari ide tulisan (yang biasanya menjadi kendala blogger, termasuk saya), hingga tentang plagiarisme.

IMG_20160511_193808

Bab ini benar-benar saya sukai, karena sejak kecil saya suka sekali menulis. Namun jujur, untuk konsisten meng-update blog saya masih sering kesulitan. Biasalah, emak-emak, ada aja hal yang bisa menggoda mood sehingga sering tulisan akhirnya cukup ngendon di draft, tidak di-published. Nah, untuk memelihara semangat ngeblog, Mbak Carra juga punya tips, lho, di bab ini. Saya harus terapkan, nih!

Mungkin yang agak sedikit menyita konsentrasi saya adalah bab 4, tentang Blogging for Job Review. Karena jujur, hingga detik ini saya masih belum terlalu tertarik untuk memonetisasi blog saya. Mungkin terdengar klise, tapi sejauh ini saya masih berkutat pada ngeblog untuk sekadar melepaskan rindu menulis. Menulis untuk berbagi, menulis untuk menginspirasi, dan tentu saja menulis karena passion.

But of course, saya tidak menutup diri terhadap peluang job review atau menghasilkan uang lewat program afiliasi atau lainnya. *kode*

So yeah…. Saya merekomendasikan buku ini untuk kalian yang hobi ngeblog, baik yang masih naik-turun semangatnya seperti saya, maupun untuk kalian yang sudah konsisten ngeblog dan ingin mendapat lebih banyak peluang get the money dari blog kalian.

Bahkan, kalian yang belum pernah ngeblog sekalipun boleh banget baca buku ini karena seperti saya bilang di atas, buku kedua Mbak Carra ini sangat asyik untuk dibaca. Nggak ada ruginya, kok, malah bagus buat menambah pengetahuan. Siapa tahu setelah membaca buku ini kalian tertarik ngeblog dan pada akhirnya menjadi the next professional blogger. Who knows? 🙂

4.5 stars! star

Advertisements

12 thoughts on “Blogging: Have Fun and Get the Money – Buku Asyik Buat yang Hobi Ngeblog

    • Iya, Mba… harus beli. Banyak tip2 menarik buat manage blog jadi lebih baik n menghasilkan. Belajar sama2, yuk!
      Makasih udah mampir 🙂

      Like

    • Katanya sih di seluruh toko buku ada, Mba. Beberapa kawan juga bilang dapat buku ini di Gramed.
      Beli online juga bisa kok, Mba… Coba hubungi Stiletto Book or Mba Carra-nya langsung, hehehe…
      Makasih sudah baca review ini, yaa… Salam kenal 🙂

      Like

    • Mba Carraa…
      Aah, senangnya blogku dikunjungi penulis top macam Mba Carra ;).
      Sama2 Mba, terima kasih juga diberi kesempatan untuk berkembang. Mudah2an semangat nulisku ngga kendur, ya.

      Thank you once again!
      Pelukbalik 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s