Sejenak Menjauh dari Hiruk-Pikuk Kota di Finna Golf & Country Club Resort Prigen

finna golf.jpg

Foto diambil dari sini.

Jika suatu saat Anda berkesempatan ke Surabaya cukup lama, sempatkan berkunjung ke Prigen, sebuah kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur yang terkenal sejuk karena dekat dengan pegunungan. Berjarak sekitar 58,5 km dari pusat kota Surabaya (berdasarkan Google Maps), perjalanan Surabaya-Prigen dengan kendaraan pribadi saat ini bisa lebih cepat ditempuh karena tol Gempol-Pandaan sudah beroperasi sejak tahun lalu.

Mengapa Prigen? Jawabannya tentu saja karena di Prigen banyak daya tarik dan potensi wisata, terutama wisata alam. Finna Golf & Country Club Resort salah satunya. Berlokasi di Jl. Raya Barsari, Prigen, Pasuruan 67157, Jawa Timur, Finna Golf & Country Club Resort adalah pilihan tepat untuk Anda dan keluarga yang ingin rileks sejenak dari hiruk-pikuk kota besar seperti Surabaya.

Untuk mencapai lokasi, dari tengah kota Surabaya, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 14 menit. Setidaknya begitulah kalkulasi Google Maps. Sedangkan jika Anda tidak sedang berada di dalam kota Surabaya alias sengaja mengkhususkan diri ke Finna Golf, dari perjalanan udara dengan taksi Bandara Juanda atau kendaraan pribadi, Anda menempuh perjalanan sekitar 56,4 km atau sekitar 1 jam 12 menit, thanks to tol Gempol-Pandaan.

DSC00442

DSC00449

Seperti bisa ditebak dari namanya, Finna Golf & Country Club Resort merupakan hamparan padang golf yang dilengkapi tempat penginapan dan fasilitas menarik lainnya. Jadi, Anda tidak harus bermain golf untuk bisa ke tempat ini, karena golf memang bukan satu-satunya aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Memang, tempat ini kerap menjadi jujugan para pegolf. Turnamen golf internasional maupun gathering para pegolf dari segala penjuru dunia memang sering dihelat di Finna.

Namun bukan berarti Anda yang tidak bisa golf tidak bisa menikmati keindahan area Finna. Aneka aktivitas outdoor lain bisa banget, kok, Anda nikmati bersama keluarga, seperti hiking, biking, trail running, trekking, atau mountain climbing. Dan yang tak kalah menarik tentu saja menginap bersama keluarga di resort bergaya perpaduan klasik Eropa, modern, dan minimalis itu. Dijamin menyenangkan dan membuat adem mata dan pikiran, deh, karena resort Finna berada pada lahan seluas 270 hektar yang benar-benar murni alam dan berada di sekeliling Gunung Arjuna, Welirang, serta Penanggungan. Pemandangan asri dan serba hijau akan Anda temukan di sini. Sangat menyejukkan dan membuat rileks.

Ada dua jenis penginapan yang disediakan Finna: cottage dan villa. Untuk cottage, ada 30 unit cottage tipe Deluxe dan dua unit tipe VIP Suite. Di kawasan cottage, para tamu dapat menikmati fasilitas seperti swimming pool, billiard, basketball, bicycle, trekking area, badminton, tennis court, kids corner dan gym. Menariknya, tiap cottage dilengkapi jacuzzi pribadi di dalam kamar. Sedangkan untuk tipe VIP ditambah dengan private swimming pool.

Sementara untuk villa, tersedia cukup banyak unit (tapi maaf, saya tidak ingat jumlah pastinya) dan terletak terpisah dari area cottage. Jadi, cukup jauh bagi tamu villa jika ingin memanfaatkan fasilitas resort. Namun tidak perlu khawatir, karena ada mobil safari yang siap mengantar para tamu ke fasilitas-fasilitas tersebut.

Memasuki area Finna Golf & Country Club Resort, Anda akan disuguhi pemandangan serba hijau di mana-mana. Sejak pintu masuk, suasana segar menyejukkan mata menyambut Anda. Sebelum menuju cottage, kendaraan pribadi wajib parkir dulu di areal khusus depan Club House yang megah dan menjulang itu. Pastinya, check-in dulu, dong, di resepsionis. Selesai, kita bongkar muat bawaan dan memindahkannya ke mobil safari.

DSC00462

DSC00461

Apa pula itu mobil safari? Jadi, mobil safari adalah mobil seperti kereta kelinci yang siap mengantar kita ke mana saja di area resort yang super luas itu. Semacam tuk-tuk gitulah. Harus naik safari untuk sampai cottage? Tidak juga. Kita bisa saja, kok, jalan kaki kalau mau. Namun asal tahu saja, jalan dari Club House menuju area cottage cukup jauh dan berliku. Anda harus melewati tangga yang berkelok dan jembatan yang cukup tinggi. Kalau cuma bawa ransel sebiji mah nggak masalah. Tapi kalau bawa barang berkoper-koper plus menggandeng krucil-krucil, hmm… mending naik mobil safari saja, deh.

Akhir tahun lalu, kebetulan saya berkesempatan menikmati cottage dan villa di Finna Golf & Country Club Resort. Dua-duanya sama-sama meninggalkan kesan mendalam buat kami sekeluarga. Sama-sama membuat rileks, menenangkan, menghilangkan penat dan kejenuhan, serta yang pasti jauh dari suasana kota yang makin padat. Nuansa homey dan penuh privasi kami rasakan selama menginap di cottage maupun villa di sana.

‘Cottage’ dengan Private Jacuzzi 

Cottage Finna Golf & Country Club Resort adalah pilihan tepat bagi pasangan pengantin baru yang ingin menikmati honeymoon tenang, nyaman, dan jauh dari kebisingan. Cocok juga bagi keluarga kecil (suami-istri dan 2 orang anak) yang ingin menikmati suasana baru. Ya, cottage ini menawarkan privasi tinggi bagi tamu yang menginap. Hal ini bisa dilihat dari jarak antara satu cottage dengan cottage lainnya yang tidak berdekatan dan tiap cottage dikelilingi pohon rindang serta dinding pembatas yang cukup tinggi.

Untuk masuk ke dalam cottage, kita disambut semacam gapura berlapiskan tanaman. Hati-hati menyusurinya, karena ada sekitar 3-4 anak tangga ke bawah di gerbang gapura tersebut. Kalau malam hari, undak-undakan tersebut tidak terlalu terlihat karena penerangannya cukup remang-remang.

DSC00423

DSC00406

DSC00424.JPG

DSC00204

Sejak awal masuk ke halaman cottage, saya dan keluarga sudah dibuat sangat takjub karena tamannya yang sangat luas. Lebih takjub lagi saat kami masuk ke dalam cottage: Oh, my God! Luas dan bagus sekali. Berkonsep klasik-modern dan cenderung minimalis (maaf kalau salah istilah, maklum saya awam soal beginian), cottage ini memiliki luas 125 meter persegi. Wow!

DSC00210.JPG

Begitu menjelajahi dalam cottage, saya tak henti-hentinya berdecak kagum. Betapa tidak, cottage yang menampung dua orang dewasa dan dua anak-anak ini terbagi atas dua area: area tempat tidur dan kamar mandi. Untuk area tempat tidur, selain tempat tidur dengan pilihan king size (1 bed besar) dan twin (dua bed kecil-kecil), ada sofa besar dengan bantal bejibun. Sofanya sangat nyaman dan empuk. Serasa tidak ingin bangun dari sofa, ups! Di belakang sofa ada kaca cukup besar yang memudahkan kita melihat view taman dan gazebo. Kalau malam atau silau, silakan tutup kaca dengan tirai yang cukup tebal dan berlapis-lapis.

finna golf-jacuzzi

Private jacuzzi ada di setiap cottage.

Kemudian persis di belakang bed ada partisi yang ternyata adalah area kamar mandi. Anda tahu, berapa kamar mandi yang disediakan? Lima! Iya, lima! Satu ruang untuk toilet, satu ruang indoor shower, satu ruang outdoor shower, satu ruang untuk dua wastafel (1 wastafel untuk orang dewasa, 1 untuk anak-anak), dan satu ruang untuk private jacuzzi! Ya, seluruh unit cottage di Finna dilengkapi fasilitas jacuzzi di dalam kamar!

Jadi, jacuzzi itu semacam kolam rendam air hangat dengan beberapa titik lubang yang akan memberikan efek seperti pemijatan bagi mereka yang berendam di dalamnya. Jacuzzi konon bagus untuk memperlancar aliran darah, di samping menenangkan, melemaskan otot-otot, mengurangi ketegangan sendi, dan lain-lainnya. Untuk lebih jelasnya, silakan googling sendiri, ya. Namun, menurut hasil browsing sana-sini, jacuzzi kurang cocok untuk ibu hamil, khususnya di trimester akhir. Aah, andai saja saat itu saya tidak sedang hamil tua, tentu saya akan berendam seharian di sana!

Selain fasilitas kamar mandi yang banyak dan lengkap di dalam cottage, kita juga bisa berenang di kolam yang letaknya bersebelahan dengan fitness center itu. Ada dua swimming pool, untuk anak-anak dan orang dewasa. Kolamnya tidak terlalu besar, namun bersih dan terawat. Hiburan lain untuk anak-anak? Tenang, ada kids’ corner. Namun anak-anak saya kurang tertarik bermain di kids’ corner. Mereka lebih memilih berenang atau berkeliling area cottage.

DSC00220 - Copy.JPG

DSC00090

Seperti akomodasi pada umumnya, cottage Finna menyediakan layanan sarapan prasmanan untuk tamu-tamunya. Ada beberapa pilihan kafe dan resto di sana, namun untuk sarapan kami dipersilakan menuju Spike Bar. Karena Spike Bar letaknya satu tempat dengan Club House, maka untuk menuju ke sana kita bisa memanggil mobil safari atau jika ingin sambil berolahraga bisa jalan melewati sekian banyak anak tangga dan jembatan. Karena kami ingin mengeksplorasi Finna dengan lebih jelas, apalagi di pagi hari, kami memilih jalan kaki saja. Wah, sepanjang perjalanan menuju lokasi sarapan kami tidak berhenti terpesona Indah sekali pemandangannya. Apalagi kami melihat padang golf yang luas membentang, membuat pagi kami makin ceria.

DSC00470

DSC00467

DSC00469.JPG

Letak Spike Bar cukup tinggi, di sebuah bangunan bergaya klasik Eropa. Pilihan tempat untuk menikmati sarapan ini ada dua: di dalam dan di luar. Tentu kami memilih di luar karena view-nya bagus sekali. Sejuk dan segar. Selain pemandangan hijau nan asri, kami juga melihat para pegolf sedang beraksi.

Bicara menu, sebenarnya menu sarapan kami saat itu tidak terlalu istimewa, tetapi toh kami tetap lahap menyantapnya. Kelaparan, kali, ya? Menu-menu yang disediakan antara lain nasi goreng, mie goreng, ayam goreng tepung, soto ayam, bubur ayam, aneka roti beserta selainya, hash browns, dan buah-buahan. Minumnya, seperti pada umumnya, ada yang segar –seperti aneka jus–  ada pula yang hangat, semisal teh atau kopi.

Sayangnya, karena hanya semalam di sana, kami tidak dapat terlalu banyak mengeksplorasi Finna yang superluas itu. Kami tidak sempat mampir ke trekking area atau bermain tennis dan basket.

Wow, Villa-nya Besar Sekali!

Di kesempatan yang lain, kami dengan keluarga besar mencoba villa di Finna Golf & Country Club Resort. Sebenarnya waktu ke cottage saya sempat bertanya-tanya, di mana, sih, letak villanya? Karena selama menyusuri area cottage saya tidak menemukan tanda-tanda villa di sana.

Eh, ternyata villa dan cottage memang tidak satu area. Area villa terpisah dengan Club House maupun cottage. Letaknya agak jauh juga dari swimming pool. Lokasinya berada di arah exit kawasan Finna dan mobil pribadi bisa langsung parkir di garasi villa.

Villa 10.JPG

Kesan pertama melewati kawasan villa, mmm… sunyi dan sepi sekali. Tapi, ini cocok untuk mereka yang ingin menepi sesaat dari rutinitas dan keramaian kota. Tapi saran saya, sebaiknya mengajak keluarga besar sehingga di dalam villa tidak mati gaya.

Villa di Finna terbagi dua tipe: 3 bedroom villa dan 4 bedroom villa. Yang tipe tiga kamar bisa untuk 6 orang dewasa dan 3 anak-anak, sedangkan yang 4 kamar tidur sangat cukup untuk 8 orang dewasa dan 4 orang anak-anak. Kami memilih 4 kamar tidur karena membawa cukup banyak rombongan.

Sama seperti ketika memasuki cottage, pertama kali memasuki villa, kami takjub luar biasa. Apalagi jika bukan karena luasnya. Villa ini luas dan besar sekali. Betapa tidak, untuk villa dengan 4 kamar tidur luasnya 350 meter persegi! Uniknya, pintu masuk villa ini berada di lantai atas. Jadi maksudnya, setelah ruangan utama (ruang tamu, ruang tengah, dapur, ruang makan, dan ruang tidur utama dengan 1 kamar mandi dalam), kita menuruni tangga ke bagian villa selanjutnya.

Villa 07

DSC00111

DSC00174

DSC00183

Nah, di lantai bawah ini ada tiga kamar tidur (1 kamar tidur dengan kamar mandi dalam dan 2 kamar tidur dengan 1 kamar mandi sharing  di luar), ruang santai  yang sangat luas, dan balkon dengan view hutan alami. Semua kamar dilengkapi pengatur ruangan (AC). Villa seluas ini tentu membuat senang anak-anak dan sepupu-sepupu mereka yang masih kecil-kecil. Mereka bisa bebas berlarian, naik turun dengan riang gembira. Kami para orang tua pun ikut senang karena bisa masak-masak sambil rumpi-rumpi cantik sembari memperhatikan anak-anak main.

Yah, begitulah keseruan kami mengeksplorasi Finna Golf & Country Club Resort di Prigen. Karena membawa anak-anak, kami lebih suka berwisata dan menginap di cottage atau villa daripada hotel. Tahun ini, saat liburan Lebaran atau liburan akhir tahun, saya ingin sekali bisa mengulang keseruan plesir ke tempat berkonsep resort seperti Finna. Mungkin pilihan saya jatuh ke Kampung Sampireun Resort & Spa, Garut. Jujur, saya tertarik karena review Anthony Bourdain di program televisi No Reservations. Juga karena  konsep resort-nya yang asyik, yakni cottage di atas danau, di mana kita bisa mengayuh sampan sendiri untuk bisa sampai ke kamar kita. Aah, seru sekali! 

**Thanks, ya, adik ipar buat foto-fotonya…*

Advertisements

9 thoughts on “Sejenak Menjauh dari Hiruk-Pikuk Kota di Finna Golf & Country Club Resort Prigen

    • Sama-sama, Mbak. Makasih udah berkunjung. Iya, memang kalau rame-rame sama keluarga enaknya ke resort-resort gitu ya… Jadi anak-anak bebas lari-larian ke sana kemari. 🙂

      Like

  1. Dian Puspita Sari says:

    Kebetulan pas mau ke Finna Golf nemu tulisan ini. Jadi makin manteb. Sayang banget mbak DNZ ga nyebutin harganya hiks. Masih ingat berapa?

    Salam kenal ya mbak 🙂

    Liked by 1 person

    • halo mba, salam kenal juga.
      iya mba, emang beneran mantap Finna Golf. Resortnya bikin betah mba hehe.
      Soal harga, nah itu dia. kurang ingat pastinya. tp kayaknya kisaran 1.5 jt mba utk deluxe cottage.
      Selamat berlibilur, ya…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s